Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Matematika, Asyifa Arum Permana melaksanakan KKN (kuliah kerja nyata) di UPT Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kresnomulyo.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu literasi numerasi bagi siswa SD. Siswa SD sangat membutuhkan literasi dan numerasi pada kegiatan pembelajaran. Kemampuan numerasi memiliki pengertian yaitu kemampuan untuk memahami dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks, serta untuk menjelaskan kepada orang lain cara menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.

Jika numerasi tidak diterapkan dengan sebaik-baiknya oleh siswa, maka hal tersebut dapat menjadi penghambat kemajuan kemampuan numerasi terhadap diri siswa. Hal ini berdampak pada kurangnya kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa.

Adanya pandemi Covid-19, menjadi salah satu kendala bagi siswa dalam kegiatan literasi numerasi. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran sekolah dilakukan secara daring (online) mengikuti anjuran pemerintah. Kegiatan numerasi ini bertujuan untuk memecahkan masalah. Namun, masih terdapat siswa yang tidak dapat menjelaskan dan menemukan jawaban soal dengan benar dan juga tanpa dibarengi penyelesaian dari masalah soal yang telah disediakan.  Hal ini karena kurangnya kemampuan literasi numerasi pada siswa.

Kegiatan dalam observasi pada program KKN ini tidak hanya terkait kemampuan numerasi ataupun kemampuan literasi. Hal itu karena, masih adanya siswa kelas 1-3 yang belum memiliki dasar-dasar membaca.

Literasi merupakan kegiatan membaca setiap hari untuk melatih siswa agar gemar membaca dan bertujuan untuk menambah wawasan tentang dunia luar. Kegiatan literasi ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan lancer agar para siswa siap untuk menjalani tingkat pendidikan selanjutnya.

 

Sumber foto: https://lampung.tribunnews.com/2021/12/10/mahasiswi-universitas-ahmad-dahlan-kkn-di-upt-sd-negeri-4-kresnomulyo

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *